Siapa mau belajar IPA, ia akan menguasai dunia. Jika ingin pintar IPA, maka motivasikan dirimu selalu ingin tahu. Jadilah orang yang cerdas, kreatif, inovatif, trampil dan berguna

Induksi Elektromagnetik

Percobaan Induksi Elektromagnet
Ketika magnet batang digerakkan masuk keluar kumparan maka pada ujung-ujung kumparan tejadi pebedaan potensial listrik atau yang dikenal dengan GGL ( gaya gerak listrik ), hal ini dapat dilihat pada jarum Basic meter
atau Galvanometer bergerak. Apa yang menyebabkan timbulnya GGL tersebut ? GGL terjadi akibat dari induksi medan magnet atau garis-garis gaya magnet yang melingkupi kumparan.
Semula kumparan tidak mempunyai medan magnet atau garis-garis gaya magnet, karena kumparan hanya berupa lilitan kawat tembaga. Pada saat magnet batang digerakkan masuk dan keluar kumparan maka di dalam kumparan terjadi perubahan medan magnet atau perubahan jumlah garis-garis gaya magnet, sehingga pada ujung-ujung kumparan terjadi perbedaan potensial listrik atau GGL. Bagaimana kalau magnet batang diam di dalam atau diluar kumparan ? Pada saat magnet batang diam di dalam atau di luar kumparan, maka di dalam kumparan tidak terjadi perubahan medan magnet atau jumlah garis-garis gaya magnet, sehingga pada ujung-ujung kumparan timbul perbedaan potensial listrik atau GGL. GGL dan arus listrik yang terjadi dinamakan GGL dan Arus Induksi. Peristiwa timbulnya GGL induksi dan arus induksi akibat adanya perubahan jumlah garis-garis gaya magnet disebut induksi elektromagnetik. Tokoh induksi elektromagnetik adalah Michael Faraday pada tahun 1821, membuktikan bahwa perubahan medan magnet dapat menimbulkan arus listrik.

Cara menimbulkan perubahan medan magnet atau peubahan jumlah garis-gaya magnet di dalam kumparan

1. Menggerakkan magnet masuk dan keluar kumparan.
2. Memutar magnet di dekat kumparan
3. Memutar kumparan di dekat magnet

Faktor-faktor yang mempengaruhi besar GGL Induksi:

1. Jumlah lilitan kumparan
2. Kuat medan magnet
3. Kecepatan perubahan medan magnet atau Jumlah garis-garis gaya magnet dalam kumparan
4. Inti besi lunak

Dasar pembuatan generator atau dinamo

Induksi elektromagnetik merupakan dasar dari pembuatan generator atau dinamo. Generator / dinamo adalah alat yang dapat mengubah energi kinetik / gerak menjadi energi listrik. Bagian penting dari Generator / dinamo adalah kumparan dan magnet tetap. Sekarang dikembangkan generator yang tidak menggunakan magnet tetap tetapi menggunakan elektromagnet.Jadi prinsip kerja generator atau dinamo adalah dengan induksi elektromagnetik.

0 Silakan beri komentar di sini:

Posting Komentar