Siapa mau belajar IPA, ia akan menguasai dunia. Jika ingin pintar IPA, maka motivasikan dirimu selalu ingin tahu. Jadilah orang yang cerdas, kreatif, inovatif, trampil dan berguna

Khasiat buah durian

Durian
Durian adalah buah berduri dan berbau menyengat, tapi rasa buahnya enak dan lezat. Orang barat mengatakan buah ini adalah buah bangkai, tapi kok nikmat rasanya...., ha....ha....belum tahu dia !? Buah durian hanya ada di daerah tropis yaitu banyak terdapat di daerah asia tenggara khususnya Indonesia. Durian merupakan tumbuhan dari genus Durio yang menghasilkan buah yang boleh dimakan. Ia banyak terjual di pasar-pasar termasuk pasar tani dan pasar sayur.



Durian adalah buah tropikal yang berasal dari
Asia Tenggara. Warna buah berbeza dari hijau ke perang, dan mempunyai bentuk bujur sehingga bundar. Buah ini boleh membesar sehingga 30 cm (12 in) panjang dan 15 cm (6 in) diameter, dan lazimnya mempunyai berat antara satu hingga tiga kg (2 hingga 7 lb). Ciri-ciri durian adalah buah yang mempunyai kulit bersabut yang diselitupi dengan duri yang tajam, mencucuk, dan bau yang kuat dan unik yang terhasil dari isi di dalam, yang dianggap oleh sesetengah orang sebagai berbau busuk. Bahagian buah boleh dimakan adalah isi yang kekuningan, yang menyelitupi biji benih.


Ramai orang menganggap durian sebagai buah yang sedap, ia dipanggil "raja buah" oleh penduduk tempatan. Sebahagian orang barat yang tidak tahan dengan baunya telah menggambarkan buah durian dengan gambaran seperti "makan kastard dalam tandas awam". Terdapat juga gambaran bau durian sebagai bau lori sampah yang baru sahaja melanggar skunk.


Banyak khasiat buah durian :
1. Untuk menghilangkan bau durian dari tangan
Caranya : polong bekas daging buah durian yang dimakan, diisi air untuk membasuh tangan
2. Untuk mengusir kutu busuk ( tinggi atau bangsat )
Caranya : kulit durian yang daging buahnya sudah dimakan, taruh aja dibawah kolong tempat tidur yang banyak kutu busuknya, Insyaallah kutuk busuk tidak bakal kembali lagi, alias ngaciiiiiir....!?
3. Untuk mencegah penuaan dari luar ( extensic aging )
Caranya : silakan makan daging buah durian secara rutin, sudah enak..., lagi tidak cepat tua.
4. Meningkatkan tekanan darah ( kandungan zat besi )
Caranya : silakan makan daging buah durian dengan aturan yang baik, jangan asal doyan lho...!?
5. Untuk mengatasi bengkak
Caranya : gunakan akar dan buahnya untuk dibalurkan pada bagian yang bengkak
6. Penyakit kuning
Caranya : silakan makan daging buah durian dengan aturan yang baik, jangan asal doyan lho...!?
7. Untuk mengusir nyamuk
Caranya : manfaatkan bau kulit durian, taruh aja ditempat yang banyak nyamuknya
8. Melancarkan haid
Caranya : bakar tuh kulit durian, abunya gunakan untuk campuran jamu pelancar haid
9. Pereda demam ( anti piretik )
Caranya : air rebusan daun durian diminumkan orang yang sakit demam atau ekstrak ( daun durian ditumbuk ) ditempelkan pada dahi yang sakit demam
10. Untuk kayu bakar dan abu gosok
Caranya : jemur kulit durian sampai kering, gunakan sebagai kayu bakar sedangkan abunya untuk abu gosok alias untuk cuci piring dan lain-lain.

0 Silakan beri komentar di sini:

Posting Komentar