Siapa mau belajar IPA, ia akan menguasai dunia. Jika ingin pintar IPA, maka motivasikan dirimu selalu ingin tahu. Jadilah orang yang cerdas, kreatif, inovatif, trampil dan berguna

Laporan Perjalanan / Laporan Karya Wisata / Outdoor Education

Karya Wisata ke Jakarta
Untuk menambah dan memperluas wawasan peserta didik tentang lingkungan alam, obyek wisata bersejarah dan obyek wisata hiburan / bermain, urusan kesiswaan sekolah memprogramkan
kegiatan karya wisata. Kegiatan ini biasanya ditetapkan pesertanya pada kelas 5 dan 6 SD, kelas VIII SMP dan kelas XI SMA/MA/SMK. Kegiatan karya wisata ini sifatnya tidak wajib, namun sangat penting bagi pengembangan pengetahuan peserta didik.
Tujuan obyek wisata ditetapkan berdasarkan musyawarah dan disesuaikan dengan kemampuan biaya. Biasanya untuk siswa SMP dan SMA untuk obyek wisata tujuan adalah luar propinsi atau luar pulau kalau di Jawa misalnya Bali.

Kegiatan karya wisata dilaksanakan dengan tujuan utama adalah pengembangan pengetahuan dan wawasan peserta didik tentang alam dan sekitarnya serta obyek-obyek wisata yang belum pernah dilihatnya, disamping itu sifatnya menghibur atau menyenangkan. Dengan pengamatan secara langsung maka siswa mampu membentuk kerangka nalar dan berfikir baru yang akhirnya timbul gagasan-gagasan atau ide-ide baru yang bersifat kreatifitas.

Selama kegiatan pengamatan atau lihat-lihat di obyek wisata, peserta didik diharuskan mencatat atau menulis apa-apa yang dilihat atau diamati di obyek wisata tersebut. Kemudian data-data yang didapatkan pada obyek wisata disusun dalam bentuk laporan. Karena karya wisata merupakan kunjungan ke obyek wisata, maka laporannya berupa laporan perjalanan atau laporan outdoor education. Berikut contoh susunan dan laporan perjalanan dan dapat diunduh filenya.



• Contoh Laporan Outdoor Education atau Karya Wisata

Laporan Perjalanan Outdoor

0 Silakan beri komentar di sini:

Posting Komentar