Supena, S.Pd Blogger IPA Edukasi sekeluarga Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H. Minal aidin walfaizin Mohon ma'af lahir dan batin. Taqobalallahu minnawaminkum taqobal yakariim. Semoga sholat kita, puasa kita dan amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin Yarabbal'alamin

Kepadatan Populasi Manusia


·         Kepadatan Populasi berarti jumlah individu makhluk hidup sejenis persatuan luas tempat dan dihuni pada waktu tertentu. Misalnya di suatu daerah seluas 1 km2 ditemukan 50 ekor domba, 150 ekor belalang. Maka kepadatan populasi domba adalah 50/1km2.
·         Kepadatan populasi manusia dipengaruhi oleh natalitas, mortalitas dan migrasi.
·         Pengaruh jumlah penduduk yang tinggi akan diikuti dengan kebutuhan hidup yang tinggi seperti :
  1. Ketersediaan air bersih dan udara bersih.
  2. Kebutuhan makanan.
  3. Ketersediaan lahan untuk pertanian dan pemukiman.
  4. Munculnya kerusakan lingkungan.
·         Thomas Robert Malthus seorang ahli kependudukan asal Inggris menyatakan bahwa pertambahan jumlah penduduk sesuai deret ukur (2,4,8,16,…) sedang pertambahan jumlah bahan makanan sesuai deret hitung (1,2,3,4,5,…)
·         Manusia dengan pengetahuan dan teknologi yang dimiliki terus berupaya dan mencoba meningkatkan produksi bahan makanan melalui :
Ø  Revolusi Hijau, usaha pengembangan teknologi pertanian untuk meningkatkan bahan makanan.
Ø  Revolusi Biru, usaha pengembangan teknologi pemanfaatan kekayaan laut untuk meningkatkan produksi bahan makanan.
Ø  Pemuliaan Tanaman dan Hewan, usaha untuk mengubah sifat tanaman dan hewan menjadi jenis baru yang memiliki sifat yang lebih baik sesuai kebutuhan manusia.

0 Silakan beri komentar di sini:

Poskan Komentar