Siapa mau belajar IPA, ia akan menguasai dunia. Jika ingin pintar IPA, maka motivasikan dirimu selalu ingin tahu. Jadilah orang yang cerdas, kreatif, inovatif, trampil dan berguna

Menentukan jarak fokus, jarak benda dan jarak bayangan pada cermin cekung

Cermin cekung adalah cermin yang berbentuk irisan bola yang bagian dalamnya memantulkan keseluruhan cahaya yang diterimanya. Cermin cekung disebut cermin konvergen karena bersifat mengumpulkan sinar-sinar pantul. Titik berkumpulnya sinar-sinar pantul dinamakan titik fokus atau titik api. Cermin cekung biasanya digunakan untuk mengarahkan cahaya agar berkas sinar pantulnya sejajar. Contohnya pada reflektor proyektor, lampu kendaraan dan lampu senter.




Cermin Konvergen














Sinar-sinar istimewa pada cermin cekung yaitu:

1. Berkas sinar datang yang sejajar sumbu utama dipantulkan melalui titik fokus.









2. Berkas sinar datang yang melalui titik fokus dipantulkan sejajar sumbu utama








3. Berkas sinar yang melalui titik pusat kelengkungan cermin dipantulkan kembali melalui titik itu juga.







Berikut bagian-bagian cermin cekung:












Keterangan:

M = Titik pusat kelengkungan cermin
F = Titik Fokus
O = Titik pusat bidang cermin
Garis yang melalui M-O = Sumbu utama cermin
M-O = Jari-jari kelengkungan cermin ( R )
F-O = Jarak fokus cermin ( f )
I = Ruang satu
II = Ruang dua
III = Ruang tiga
IV = Ruang empat

Rumus terbentuknya bayangan:

Jika benda di ruang I maka bayangan yang terbentuk di ruang IV
Ruang benda + Ruang bayangan = 5

Jika benda di runag II maka bayangan yang terbentu di ruang III
Ruang benda + Ruang bayangan = 5

Jika benda di runag III maka bayangan yang terbentuk di ruang II
Ruang benda + Ruang bayangan = 5

Rumus- rumus persamaan pada cermin cekung:















Soal 1 : (mencari jarak fokus)

Sebuah benda berdiri tegak di depan cermin cekung pada jarak 15 cm, jika bayangan yang terbentuk pada jarak 30 cm, maka berapakah jarak fokus cermin cekung tersebut ?

Jawaban:

Diketahui:
So = 15 cm
Si = 30 cm

Ditanya: f = ... ?

Jawab:

Jadi jarak fokus cermin cekung besarnya 10 cm


Soal 2 : (mencari jarak bayangan)

Sebuah benda terletak didepan cermin cekung yang mempunyai jarak fokus 15 cm. Jika jarak benda terhadap cermin cekung 20 cm, maka berapakah jarak bayangan yang terbentuk ?

Jawaban:

Diketahui:

So = 20 cm
f = 15 cm

Ditanya: Si = ... ?

Jawab:




























Jadi jarak bayangan yang terbentuk besarnya 60 cm


Soal 3 : (mencari jarak benda)

Sebuah benda diletakkan di depan cermin cekung yang jarak fokusnya 20 cm. Jika bayangan yang terbentuk terletak pada jarak 30 cm, maka berapakah jarak antara benda terhadap cermin ?

Jawaban:

Diketahui:

f  = 20 cm
Si = 30 cm

Ditanya: So = ... ?

Jawab:



























Jadi jarak antara benda terhadap cermin cekung adalah 60 cm

61 Silakan beri komentar di sini:

  1. Ini sangat berguna... thanks

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Semua orang berhak buat alay cuk.., dan lu ga usah ngatain orang alay, karena se normal2nya elu pasti bisa alay!

      Hapus
    2. Semua orang berhak buat alay cuk.., dan lu ga usah ngatain orang alay, karena se normal2nya elu pasti bisa alay!

      Hapus
    3. Dih vvibu psikontol

      Hapus
    4. Kan artinya dia pinter berbahasa:(
      Gausah ngatain orang, ga baik
      Kalo ngga percaya tanya aja pak aji

      Hapus
  4. Berguna sekali. Soalnya ane idah lupa nih pelajaran :) thanks lah

    BalasHapus
  5. Berguna sekali. Soalnya ane idah lupa nih pelajaran :) thanks lah

    BalasHapus
  6. Berguna sekali. Soalnya ane idah lupa nih pelajaran :) thanks lah

    BalasHapus
  7. tolong soal ini y?benda trletak 10 cm dpan pntu crmin ckung.jark fokus 15 cm.hitung jarak dan sift byangan.
    mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. G bisa itu letak bendanya seharusnta lbh dari 15cm

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. G bisa letak benda seharusnya lbh dari 15 cm

      Hapus
  8. Terima kasih ini sangat membantu. πŸ‘

    BalasHapus
  9. makasih ya,sangat berguna.......^_^

    BalasHapus
  10. Tolong soal ini yaa,
    Sebuah cermin datar didekatkan dengan cermin datar yang lain dan membentuk 30 derajat. Tentukan banyak bayangan terbentuk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jumlah bayangan = 360/sudut x - 1
      Jumlah bayangan = 360/30 - 1
      = 11

      Hapus
  11. Kalau cara menentukan perbesarannya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sifat bayangan pada cermin datar sifatnya sama baik ukuran jarak warna dll

      Hapus
  12. bagus banget artikelnya...terus berkarya yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua komen lu kayak orang idi*t, ga berfaedah!

      Hapus
    2. Semua komen lu kayak orang idi*t, ga berfaedah!

      Hapus
  13. this really helped a lot, thank you! i've always been confused about the whole concept of this specific physics material but this really cleared everything! again, thank you and good job :)

    BalasHapus
  14. Gimana kalo yg ditanya jarak benda trs ayahnya? Kalo jarak ada rumus ya, tp cara mengetahui bendanya di geser kekanan atau Kekiri gmn? Ada yg tau gk?

    BalasHapus
  15. Gimana kalo yg ditanya jarak benda trs ayahnya? Kalo jarak ada rumus ya, tp cara mengetahui bendanya di geser kekanan atau Kekiri gmn? Ada yg tau gk?

    BalasHapus
  16. Jika benda berdiri dideoan cermin cekung dgn jarak fokus 4cm. Jika pembesaran bayangan 9x maka jarak bayangan berapa
    Tlg dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0
      KARENA, ORANGNYA JELEK JADI CERMINNYA PECAH!!

      Hapus
  17. Bagus gan,cuma ini satu satunya web yang gw ngerti

    BalasHapus
  18. Bagus gan,cuma ini satu satunya web yang gw ngerti

    BalasHapus
  19. Kalau jarak fokus dan kelengkungan cermin itu berbeda? atau bagaimana?

    BalasHapus
  20. Anyoeng haseo

    hamsanida








    Anyiiiing

    BalasHapus
  21. Anyoeng haseo

    hamsanida








    Anyiiiing

    BalasHapus
  22. Anyoeng haseo

    hamsanida








    Anyiiiing

    BalasHapus
  23. Mabur suwunπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    BalasHapus
  24. sankyu..
    artikel ini sangat berguna ;)

    BalasHapus
  25. sangat membantu..terimakasih banyak...

    BalasHapus
  26. Makasih lho gan, membantu banget nih buat persiapan usbn. Makasih sekali lagi

    Ijin share blog
    Https://www.pintar-network.ml

    BalasHapus
  27. makasih ini sangat membantu ^v^

    BalasHapus