Siapa mau belajar IPA, ia akan menguasai dunia. Jika ingin pintar IPA, maka motivasikan dirimu selalu ingin tahu. Jadilah orang yang cerdas, kreatif, inovatif, trampil dan berguna

Cincin permata di luar angkasa Yang Terbentuk Dari Dua Galaksi

Cincin Permata yang cantik
Sepintas foto menakjubkan ini tampak seperti cincin permata di luar angkasa.

Tapi yang sebenarnya gambar ini menunjukkan cincin dari lubang hitam di Arp 147, yaitu sepasang galaksi yang saling berinteraksi terletak 430 juta tahun cahaya dari Bumi.


Gambar komposit ini diambil dari data yang dikumpulkan dari Observatorium NASA Chandra X-ray dan Telescope Hubble.

Informasi yang dikumpulkan oleh Chandra ditampilkan dalam warna pink sedangkan data optik dari Hubble adalah merah, hijau dan biru.

Arp 147 berisi sisa-sisa galaksi spiral, yang dapat dilihat di sisi kanan gambar, yang bertabrakan dengan galaksi elips terlihat di sebelah kiri.

Tabrakan ini menghasilkan gelombang pembentukan bintang yang muncul sebagai cincin biru yang mengandung bintang-bintang muda didalamnya.

Bintang-bintang ini melalui evolusi mereka dalam beberapa juta tahun atau kurang dan meledak sebagai supernova, meninggalkan bintang-bintang neutron dan lubang hitam.

Sebuah fraksi dari bintang-bintang neutron dan black hole akan memiliki bintang pendamping, dan mungkin menjadi sumber sinar-X yang cerah saat mereka menarik materi dari bintang pendamping itu.

Kesembilan sumber sinar-X yang tersebar sekitar ring di Arp 147 begitu terang, dengan massa yang mungkin sepuluh hingga 20 kali dari matahari.

Sumber sinar X juga terdeteksi di daerah inti dari galaksi merah di sebelah kiri.

Temuan ini disampaikan oleh Saul Rappaport, Alan Levine dan Benyamin Steinhorn dari Massachusetts Institute of Technology dan David Pooley dari Eureka Scientific dan diterbitkan dalam Jurnal Astrophysical.

0 Silakan beri komentar di sini:

Posting Komentar