Siapa mau belajar IPA, ia akan menguasai dunia. Jika ingin pintar IPA, maka motivasikan dirimu selalu ingin tahu. Jadilah orang yang cerdas, kreatif, inovatif, trampil dan berguna

Pesona keindahan gunung berapi (Gunung Galunggung)

Panorama Gn Galunggung
Gunung Galunggung merupakan gunung berapi kategori strato (gunung berapi mirip kerucut) dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut (dpl) atau sekitar 1.820 meter di atas dataran Tasikmalaya. Dalam
sejarahnya, gunung yang menempati areal sekitar 275 kilometer ini pernah meletus beberapa kali. Pertama kali meletus pada tanggal 18 Oktober 1882 dan terakhir kali meletus pada tanggal 5 April 1982.




Letusan Terdasyat Th 1882
Letusan terakhirnya bertipe vulcanian vertical (seperti letusan cendawan bom atom), yang semburannya mencapai 20 kilometer ke angkasa. Letusan tersebut juga diikuti dengan semburan piroclastic (debu halus) yang menghujani Tasikmalaya, Garut, Cianjur, Bandung, dan kota-kota lain yang berada dalam radius 100 kilometer dari Gunung Galunggung.



Kawah Gn Galunggung
Di kawasan Gunung Galunggung terdapat dua tempat wisata favorit, yaitu Danau Kawah dan Pemandian Cipanas. Dari pintu masuk, pengunjung yang ingin ke lokasi kawah mengambil jalan ke arah kiri. Sedangkan pengunjung yang akan ke Pemandian Cipanas mengambil jalan ke arah kanan.





Tangga ke Kawah Gn Galunggung
Untuk menuju lokasi Danau Kawah, pengunjung akan melewati sekitar 620 anak tangga yang menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto. Untuk mencapai dasar kawah, pengunjung harus turun sekitar 100 meter. Di dasar kawahnya, pengunjung dapat menikmati pesona alamnya yang eksotik, berfoto, dan memancing aneka jenis ikan air tawar Danau Kawah.



Kampung Naga-Gn Galunggung
Di lokasi tersebut juga terdapat sungai dari resapan Danau Kawah, gua, terowongan air menuju Sungai Cibanjaran dan Cikunir, serta masjid. Konon, masjid tersebut dulunya berada di area yang tinggi. Namun, posisinya berubah di dasar kawah seperti saat ini akibat letusan Gunung Galunggung pada tahun 1982.

Pemandian Cipanas
Lokasi Pemandian Cipanas tidak begitu jauh dari pintu masuk dan dapat diakses dengan berjalan kaki. Di kawasan seluas 3 hektar ini terdapat dua lokasi pemandian, masing-masing dikelola oleh pemerintah daerah setempat dan Perhutani. Di kawasan ini terdapat kolam renang, kamar mandi, dan bak rendam air panas. Kecuali itu, di kawasan ini pengunjung juga dapat menikmati keindahan air terjun yang memesona.




Gn Galunggung-Tasikmalaya
Gunung Galunggung terletak di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Berjarak sekitar 20 kilometer ke arah barat daya dari Kota Tasikmalaya.







Panorama alam gunung Galunggung Tasikmalaya Jawa Barat :



































































0 Silakan beri komentar di sini:

Posting Komentar