Siapa mau belajar IPA, ia akan menguasai dunia. Jika ingin pintar IPA, maka motivasikan dirimu selalu ingin tahu. Jadilah orang yang cerdas, kreatif, inovatif, trampil dan berguna

Gunung Berapi

Gunung berapi
Gunung berapi atau gunung api secara umum adalah istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus.


Lebih lanjut, istilah gunung api ini juga dipakai untuk menamai fenomena pembentukan ice volcanoes atau gunung api es dan mud volcanoes atau gunung api lumpur. Gunung api es biasa terjadi di daerah yang mempunyai musim dingin bersalju, sedangkan gunung api lumpur dapat kita lihat di daerah Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah yang populer sebagai Bledug Kuwu dan Lapindo Surabaya Jawa Timur.

Gunung berapi terdapat di seluruh dunia, tetapi lokasi gunung berapi yang paling dikenali adalah gunung berapi yang berada di sepanjang busur Cincin Api Pasifik ( Pacific Ring of Fire ). Busur Cincin Api Pasifik merupakan garis bergeseknya antara dua lempengan tektonik.

Gunung berapi terdapat dalam beberapa bentuk sepanjang masa hidupnya. Gunung berapi yang aktif mungkin berubah menjadi separuh aktif, istirahat, sebelum akhirnya menjadi tidak aktif atau mati. Bagaimanapun gunung berapi mampu istirahat dalam waktu 610 tahun sebelum berubah menjadi aktif kembali. Oleh itu, sulit untuk menentukan keadaan sebenarnya daripada suatu gunung berapi itu, apakah gunung berapi itu berada dalam keadaan istirahat atau telah mati.


Gunung berapi terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut :
Bagian-bagian gunung berapi
• Kawah utama
Merupakan lubang pelepasan tempat keluarnya magma dari dalam tubuh gunung

• Lava
Batuan cair dengan temperature 700 0c yang keluar dari tubuh gunung berapi dan mengalir menuruni lereng gunung.

• Kamar magma
Merupakan kolam batuan cair yang berada di bawah permukaan bumi, kerapatan batuan di dalam kamar magma lebih renggang daripada batuan mantel sekitarnya. Saat magma mengalir keluar melalui celah mantel dan sampai di permukaan maka erupsi akan terjadi.

• Kawah sekunder
Merupakan kawah yang terbentuk di sekitar kawah utama pada gunung berapi besar.

•Crater
Merupakan depresi menyerupai lingkaran pada permukaan tanah akibat aktivitas vulkanis yang terjadi di bawah kawah.

• Aliran piroklastik
Terdiri atas gas dan batuan panas yang meluncur yang meluncur dengan cepat menuruni lereng gunung berapi. Suhu gas dapat mencapai 10000 c dengan kecepatan hingga 700km/jam.

• Awan abu
Terdiri atas batuan lumat dan kaca yang terbentuk pada saat erupsi. Berukuran kecil dan bersuhu sangat panas, awan abu ini dapat terbawa oleh udara hingga radius beberapa kilometer.

• Cone
Merupakan bagian gunung yang berbetuk seperti kerucut yang tercipta dari aliran lava pada lereng yang keluar dari kawah dan mengalami pendinginan.


Apabila gunung berapi meletus, magma yang terkandung di dalam kamar magmar di bawah gunung berapi meletus keluar sebagai lahar atau lava. Selain daripada aliran lava, kehancuran oleh gunung berapi disebabkan melalui berbagai cara seperti berikut:

* Aliran lava.
* Letusan gunung berapi.
* Aliran lumpur.
* Abu.
* Kebakaran hutan.
* Gas beracun.
* Gelombang tsunami.
* Gempa bumi.

Tingkat isyarat gunung berapi di Indonesia :

a. Awas
* Menandakan gunung berapi yang segera atau sedang meletus atau ada keadaan kritis yang menimbulkan bencana
* Letusan pembukaan dimulai dengan abu dan asap
* Letusan berpeluang terjadi dalam waktu 24 jam
b. Siaga
* Menandakan gunung berapi yang sedang bergerak ke arah letusan atau menimbulkan bencana
* Peningkatan intensif kegiatan seismik
* Semua data menunjukkan bahwa aktivitas dapat segera berlanjut ke letusan atau menuju pada keadaan yang dapat menimbulkan bencana
* Jika tren peningkatan berlanjut, letusan dapat terjadi dalam waktu 2 minggu
c. Waspada
* Ada aktivitas apa pun bentuknya
* Terdapat kenaikan aktivitas di atas level normal
* Peningkatan aktivitas seismik dan kejadian vulkanis lainnya
* Sedikit perubahan aktivitas yang diakibatkan oleh aktivitas magma, tektonik dan hidrotermal
d. Normal
* Tidak ada gejala aktivitas tekanan magma
* Level aktivitas dasar

Jenis gunung berapi berdasarkan bentuknya :

a. Stratovolcano

Tersusun dari batuan hasil letusan dengan tipe letusan berubah-ubah sehingga dapat menghasilkan susunan yang berlapis-lapis dari beberapa jenis batuan, sehingga membentuk suatu kerucut besar (raksasa), kadang-kadang bentuknya tidak beraturan, karena letusan terjadi sudah beberapa ratus kali. Gunung Merapi merupakan jenis ini.




b. Perisai

Bentuk Perisai
Tersusun dari batuan aliran lava yang pada saat diendapkan masih cair, sehingga tidak sempat membentuk suatu kerucut yang tinggi (curam), bentuknya akan berlereng landai, dan susunannya terdiri dari batuan yang bersifat basaltik. Contoh bentuk gunung berapi ini terdapat di kepulauan Hawai.





c. Cinder Cone

Cinder Cone
Merupakan gunung berapi yang abu dan pecahan kecil batuan vulkanik menyebar di sekeliling gunung. Sebagian besar gunung jenis ini membentuk mangkuk di puncaknya. Jarang yang tingginya di atas 500 meter dari tanah di sekitarnya.





d. Kaldera

Kaldera Gunung Bromo
Gunung berapi jenis ini terbentuk dari ledakan yang sangat kuat yang melempar ujung atas gunung sehingga membentuk cekungan. Gunung Bromo merupakan jenis ini.





e.Maar

Maar
Gunungapi maar terbentuk dari letusan berupa ledakan (eksplosif) yang dahsyat yang terjadi sekali, dengan mengeluarkan bahan-bahan berupa eflata. Gunung maar biasanya punya dapur magma yang dangkal dan magma yang terdiri dari bahan-bahan padat dan gas yang padat. Contoh gunung maar adalah : Gunung Lamongan (Jawa Timur), Gunung Pinakate (Meksiko), Gunung Monte Muovo (Italia)

0 Silakan beri komentar di sini:

Posting Komentar