Supena, S.Pd Blogger IPA Edukasi sekeluarga Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H. Minal aidin walfaizin Mohon ma'af lahir dan batin. Taqobalallahu minnawaminkum taqobal yakariim. Semoga sholat kita, puasa kita dan amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin Yarabbal'alamin

Cara membuat presentasi pembelajaran dengan Power Point menggunakan tombol hyperlink

Cara membuat presentasi pembelajaran dengan Power Point menggunakan tombol hyperlink tidaklah sulit yang penting ada kemauan dan niat yang bulat pasti bisa didapat. Bagaimana cara membuatnya ikuti langkah-langkah berikut ini:






Buka microsoft power point, maka akan tampil new slide, atau slide yang masih kosong, halamannya seperti berikut:

















Sekarang buat background slide agar penayangannya menarik, caranya klik Format pada menu toolbar, cari background styles kemudian klik format background






















maka akan muncul pilihan pengaturan background pilih solid fill, gradien fill atau yang lain sesuaikan dengan materi pembelajaran,



























klik salah satu pilihan anda misal gradien fill, maka akan muncul pilihan berikut:























Klik preset colors, pilih warna yang dikehendaki maka secara outomatis warna background akan muncul pada halaman slide, kemudian klik  Apply to all dan berikutnya close

Agar semua slide secara outomatis mempunyai background yang sama klik View pada menu bar, maka akan muncul pilihan, klik master, dilanjutkan klik slide master, maka secara outomatis akan terbentuk slide yang backgroundnya sama perhatikan halaman berikut:






















selanjutnya akan muncul halaman seperti berikut:





















Selanjutnya klik Close Master View, maka slide tinggal 1 halaman, namun apabila dibuat new slide dengan cara klik kanan pada slide, kemudian klik new slide maka akan muncul slide dengan warna backgrount yang sama. Perhatikan halaman berikut:


















Sekarang kita mulai membuat presentasi pembelajaran dimualai dengan judul dan tombol-tombol linknya yang akan menjadi slide menu. Perhatikan slide menu berikut:

























Kita siapkan slide mulai dari dari slide menu hingga slide evaluasi
Slide Menu

















Silde Standar Kompetensi



















Slide Evaluasi
















Cara me-link-kan tombol dengan slide yang lain adalah sebagai berikut:

















Klik tombol yang akan dilinkkan, kemudian klik Slide Show pada menu bar pilih " Action " kemudian klik, maka akan muncul pilihan berikut:



Pilih / klik hyperlink to , kemudian pilih slide 2 yaitu slide standar kompetensi yang akan dilink, untuk menutup klik "Ok" . Tombol link sudah terhubung, nyalakan slide show untuk mencoba. Setelah berhasil buat link untuk tombol yang lain, seperti tombol "back" , "Next" , "Kembali ke Menu" dan "Keluar"

Selamat mencoba semoga berhasil..!!!

Berikut Contoh Presentasi Pembelajaran IPA dapat di download di sini

0 Silakan beri komentar di sini:

Poskan Komentar