Siapa mau belajar IPA, ia akan menguasai dunia. Jika ingin pintar IPA, maka motivasikan dirimu selalu ingin tahu. Jadilah orang yang cerdas, kreatif, inovatif, trampil dan berguna

Seleksi Alam

Oranghutan terancam punah


Seleksi alam yang dimaksud dalam teori evolusi adalah teori bahwa makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya lama kelamaan akan punah. Yang tertinggal hanyalah mereka yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Dan sesama makhluk hidup akan saling bersaing untuk mempertahankan hidupnya.

Contoh seleksi alam :

Ngengat Biston

  • Ngengat biston betularia putih sebelum terjadinya revolusi industri jumlahnya lebih banyak daripada ngengat biston betularia hitam. Namun setelah terjadinya revolusi industri, jumlah ngengat biston betularia putih lebih sedikit daripada ngengat biston betularia hitam. Ini terjadi karena ketidakmampuan ngengat biston betularia putih untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Pada saat sebelum terjadinya revolusi di Inggris, udara di Inggris masih bebas dari asap industri, sehingga populasi ngengat biston betularia hitam menurun karena tidak dapat beradaptsi dengan lingkungannya. namun setelah revolusi industri, udara di Inggris menjadi gelap oleh asap dan debu industri, sehingga populasi ngengat biston betularia putih menurun karena tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan, akibatnya mudah ditangkap oleh pemangsanya.
Cactus Galapagos
  • Di Kepulauan Galapagos juga terdapat contoh adanya seleksi alam yang lain. Kaktus yang hidup di pulau yang tidak dihuni kura-kura tumbuh rendah dengan duri-duri lunak. Adapun kaktus yang hidup di pulau yang dihuni kura-kura tumbuh seperti pohon dengan batang tebal dan tinggi serta dilindungi oleh duri yang keras dan kaku. 

Evolusi burung Finch

  • Menurut Darwin, burung Finch yang terdapat di Kepulauan Galapagos semulaberasal dari satu spesies burung yang ada di daratan Amerika Selatan, yangbermigrasi ke Kepulauan Galapagos. Variasi terjadi akibat kondisi geografis danlingkungan, terutama makanan sehingga mengakibatkan keturunan burungFinch (pipit) mengalami perubahan morfologi/bentuk dan fungsi. Perubahan yangterjadi misalnya pada bentuk paruh. Paruh burung Finch yang semula tebal dankuat yang sesuai untuk memakan biji-bijian mengalami perubahan menjadiparuh untuk memakan serangga (peruh tebal, lurus, dan berlidah pendek) danmemakan madu (berparuh lurus agak panjang).

Evolusi Jerapah
  • Lingkungan mempunyai pengaruh pada ciri-ciri dan sifat-sifat yang diwariskan melalui proses adaptasi lingkungan. Ciri dan sifat yang terbentuk akan diwariskan kepada keturunannya. Organ yang sering digunakan akan berkembang dan tumbuh membesar, sedangkan organ yang tidak digunakan akan mengalami pemendekan atau penyusutan, bahkan akan menghilang. Contoh yang dapat digunakan oleh Lamarck adalah jerapah. Menurut Lamarck, pada awalnya jerapah memiliki leher pendek. Karena makanannya berupa daun-daun yang tinggi, maka jerapah berusaha untuk dapat menjangkaunya. Karena terbiasa dengan hal ini maka semakin lama, leher jerapah menjadi semakin panjang dan pada generasi berikutnya akan lebih panjang lagi.

Kompetisi tanaman besar dengan tanaman liar
  • Pada tumbuhan, seleksi alam dicontohkan rusaknya tanaman pagar dan bunga di halaman kita karena rumput liar. Oleh karena itu, kita harus rajin menyiangi rumput- rumput  liar tersebut agar tanaman kita tetap hidup.
Dinosaurus yang sunah punah

  • Contoh organisme yang punah karena seleksi alam adalah dinosaurus. Beberapa teori berusaha menjelaskan punahnya dinosaurus. Salah satunya menyebutkan bahwa dinosaurus punah karena jutaan tahun yang lalu sebuah meteor menabrak bumi. Tabrakan itu menimbulkan ledakan hebat yang mengakibatkan terlepasnya sejumlah besar debu ke atmoster. Debu tersebut menghalangi sinar matahari sehingga tumbuhan hijau tidak dapat melakukan fotosintesis. Akibatnya, banyak tumbuhan mati. Dinosaurus yang herbivor tidak mendapatkan makanan dan mati. Dinosaurus pemakan daging yang tidak mendapat mangsa akhirnya punah.
 
Seleksi Alam Hewan

18 Silakan beri komentar di sini:

  1. FAYS TYNA RAMADHANY IX B16 September 2012 pukul 10.21

    TERIMA KASIHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH

    BalasHapus
  2. TERIMA KASIH PAK SUPENA..........................

    BalasHapus
  3. LIANA FEBRIANTI IX B16 September 2012 pukul 10.27

    MAKASIH BANYAK PAKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK

    BalasHapus
  4. terimakasih px

    BalasHapus
  5. THANK"S YA PAKKKK CEMOGAAA BERMANFAAAT BGI SYA BESOK LGI YA PAKKKK

    BalasHapus
  6. Sama2 terima kasih sdh memanfaatkan blog ini, semoga bermanfaat, bagi yg lain yg sudah ambil file silakan komen disini...

    BalasHapus
  7. artikelnya bagus sekali pak

    BalasHapus
  8. artikelnya sangat bermanfaat tugas saya pun selesai :D

    BalasHapus
  9. Artikelnya bagus dan bermanfaat

    BalasHapus
  10. Pak disini yang paling lengkap parah makasih banyak pak!!L!

    BalasHapus
  11. Saya masih memahami masih selsksi alam

    BalasHapus
  12. Terima Kasih atasi informasi ini

    BalasHapus