Siapa mau belajar IPA, ia akan menguasai dunia. Jika ingin pintar IPA, maka motivasikan dirimu selalu ingin tahu. Jadilah orang yang cerdas, kreatif, inovatif, trampil dan berguna

Ekosistem


Ilmu yang mempelajari tentang ekosistem disebut Ekologi.
* Komponen – komponen Ekosistem
  1. Komponen abiotik meliputi benda tak hidup yang ada di dalam ekosistem, seperti : cahaya matahari, udara, air, tanah, kelembaban.
  2. Komponen biotik meliputi semua makhluk hidup di dalam ekosistem.
Komponen Biotik meliputi :
    • Produsen adalah makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanan sendiri, karena sel – sel penyusun tubuhnya mempunyai khlorofil, disebut Autotrof. Contoh : Tumbuhan berhijau daun.
    • Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak mampu menghasilkan makanan sendiri, disebut Heterotrof. Contoh : Manusia , hewan.
    • Pengurai (Dekomposer) adalah makhluk hidup yang menguraikan zat-zat organik dari makhluk hidup yang sudah mati menjadi bahan-bahan anorganik. Contoh : Bakteri, jamur. Sedang detritivor adalah organism yang memakan remah-remah (detritus). Contoh : cacing tanah, rayap, hewan berkulit duri.

* Satuan –satuan dalam ekosistem
  1. Individu  adalah makhluk hidup tunggal, contoh : seekor anak kambing
2.    Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang saling berinteraksi, contoh :   sekelompok ayam di dalam kandang
  1. Komunitas adalah kumpulan populasi makhluk hidup yang menempati suatu daerah. Contoh : komunitas padang pasir
  2. Ekosistem adalah kesatuan antara komunitas dengan lingkungannya yang membentuk hubungan timbal balik. Contoh : Ekosistem sawah
  3. Biosfer : merupakan bagian bumi dan atmosfir tempat makhluk hidup melakukan aktifitas.
* Macam – macam ekosistem
Berdasarkan proses terbentuknya, ekosistem dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
1.    Ekosistem Buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia. Contohnya : aquarium, kolam, sawah dll
2.    Ekosistem Alami adalah ekosistem yang terbentuk dengan sendirinya tak dibuat manusia. Contohnya : Hutan, padang pasir

* Interaksi dalam Ekosistem
A. Interaksi antara komponen Biotik dan Abiotik
Dalam proses fotosintesis diperlukan O2 dan H2O dari hasil pernafasan manusia dan dengan bantuan sinar matahari. Hasil fotosintesis yang berupa karbohidrat sebagai cadangan makanan dan O2 dimanfaatkan oleh manusia. Hal di atas merupakan salah satu contoh saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungan abiotik.
B. Interaksi antar komponen Biotik:
1.    Rantai makanan yaitu peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu memungkinkan terjadinya perpindahan energi dari makhluk hidup satu ke makhluk hidup yang lain. Contoh : padi dimakan tikus, tikus dimakan ular sawah, ular sawah dimakan burung elang.
2.    Aliran Energi . Dalam proses fotosintesis, energi cahaya matahari oleh produsen diubah menjadi energi kimia. Jika produsen dimakan oleh konsumen I maka energi di dalam tubuh produsen berpindah ke konsumen I dan sebagian di lepas ke alam dalam bentuk panas. Jika konsumen I dimakan konsumen II, energi dari konsumen I berpindah ke Konsumen II dan sebagian dilepas di alam. Dalam rantai makanan terjadi perpindahan energi dari matahari, produsen, konsumen I, konsumen II, konsumen III dst. Pada setiap tingkatan trofik terjadi penyusutan energi,
3.    Jaring – jaring makanan, yaitu kumpulan rantai makanan yang saling berhubungan
4.    Piramida Makanan. Agar rantai makanan dalam ekosistem dapat terus berkesinambungan jumlah produsen lebih banyak daripada Konsumen I, Konsumen I lebih banyak daripada Konsumen II, Konsumen II lebih banyak daripada Konsumen III dst. Jika ini digambarkan akan terbentuk Piramida Makanan.
Piramida Makanan adalah komponen rantai makanan yang semakin ke atas jumlahnya semakin sedikit
Pola interaksi antar komponen biotik dalam ekosistem dapat dibedakan menjadi:
1.    Netral merupakan pola interaksi yang tidak saling mengganggu, tidak saling merugikan dan tidak saling menguntungkan
2.    Simbiosis adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis
§ Simbiosis Mutualisme adalah hubungan 2 makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contoh hubungan antara kerbau dan burung jalak.
§ Simbiosis Komensalisme adalah hubungan antara makhluk hidup yang satu memperoleh keuntungan dan yang lain tidak dapat keuntungan juga tidak rugi. Contohnya hubungan ikan hiu dengan ikan remora.
§ Simbiosis Parasitisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang satu untung dan yang lainnya dirugikan. Contohnya : benalu dan tumbuhan inang.
c.    Predasi merupakan interaksi antara mangsa dan pemangsa ( predator ). Hewan yang memburu, membunuh dan makan hewan lain disebut Predator.
d.    Kompetisi merupakan pola interaksi berupa persaingan untuk mendapatkan hal yang sama.
e.    Antibiosis/Amensalisme merupakan pola interaksi berupa hubungan antara dua individu berbeda jenis yang menyebabkan individu yang satu menghambat pertumbuhan individu lainnya. Contoh:  jamur Penicillium notatum dan Penicillium chrysogenum menghasilkan zat penisilin yang dapat mematikan  bakteri di sekitarnya.

1 Silakan beri komentar di sini:

  1. Terima kasih y lagi disuruh buat rangkuman nih bingung hehehehehe :)

    BalasHapus